Saturday, December 03, 2005

Alasan untuk mengahapus blog

Aku ingin merpati pos
Aku ingin memainkan bendera-bendera semaphore di tanganku
Aku ingin membuat asap kaum Indian
-rendra-


Beberapa waktu lalu seorang teman menanyakan kenapa bikin blog? Kemudian dia berkata juga ternyata kamu bikin blog sudah lama juga ya. Kamu bikin blog dari tahun 2002. Gue menjawab pertanyaaan dari teman tersebut dengan beberapa penjelasan yang idealis banget. Alasan gue ngeblog adah menyampaikan segala ide dan gagasan. Blog gue juga sebenarnya tidak hanya berisi gagasan tapi juga kadang kadang puisi oarng lain yang gue anggap berkesan. Beberapa tulisan di blog gue pernah dimuat di media entah itu Koran atupun media internal beberapa oraganisasi yang pernah gue ikuti. Kadang blog gue isi beberapa cerpen atau puisi, tapi bisanya untuk tulisan jenis ini gue pisahkan dari blog utama gue.

Beberapa waktu lalu gue pernah menulis diblog tentang orang yang menutup blognya. Ternyata sesudah membuka arsip lama ada beberapa teman yang menutup atau menghapus bersih semua blognya. Mereka punya beberapa alasan untuk menutup blognya. Chan menghapus bersih karena dia pengen sesuatu yang baru. Ah, sayang sekali, chan adalah teman didunia nyata yang banyak memberikan petuah-petuah bijak waktu gue SMA, sering memberikan pencerahan. Ada pula yang menutup blognya karena dia sudah bertrasformasi menjadi manusia yang lain, kasus ini untuk bow's. Seorang nona menutup blognya karena dia posting sesuatu yang bersifat pribadi yang oleh karena postingan itu digoda terus. Untuk nona ini cuma saya sarankan bahwa itu adalah resiko ngeblog. Ada seorang teman pula yang menghapus sebagian postingannya karena dipostingan itu menyangkut beberapa wanita. Dia tidak mau tertangkap basah sedang mendekati beberapa orang wanita. Ada beberapa yang ternyata juga menghapus karena tidak ingin memperlihatkan masa lalunya. Buat teman-teman yang menghapus postingan gue pengen mengingatkan kadang dunia maya masih mengingat apa yang pernah ditulis di blog. Pengalaman gue waktu mencari tulisan seorang diblog membuktikannya. Gue buka blognya ternyata sudah ditutup dan ternyata pula dia punya blog baru (blognya dipake ngegombal ke cewe pula). Lalu gue telusuri dunia maya dan tak berapa lama simsalabim gue dapet postingan dia yang dihapus dulu.Peringatan gue hati-hati menulis yang sensitif diblog karena kadang masih ada jejak-jejaknya.
di muntahkan oleh sawung@psik-itb.org

1 comment:

arifin said...

should i got a credit for giving you a topic?? he..he becanda wung =D
btw, blogmu ku urang di link nya.
hatur nuhun