Sunday, May 24, 2009

Berkelitnya para panglima



Hari kebangkitan tahun ini diperingati dengan jatuhnya Harcules A1325 di Magetan. Pristiwa tragis ini menimbulkan korban baik penumpang pesawat dan penduduk. Pesawat tersebut buatan tahun 82. Herky ini merupakan herki versi sipil pertama yang dibuat khusus untuk indonesia. A1325 banyak berjasa mengangkut transmigran dari pulau jawa. A1325 kemudian dihibahkan kepada TNI AU tahun pertengahan 90an.
Pristiwa jatuhnya herky membaut beberapa pihak kebakaran jenggot (walaupun mereka gak punya jenggot). Kenapa kebakaran jenggot? Ini karena dalam 2 bulan sudah 3 pesawat mengalami kecelakaan fatal, 2 total lost satu rusak berat (ini belu termasuk kecelakaan yg tidak diketahui publik). Kecelakaan ini ditenggarai disebabkan oleh minimnya dana perawatan yang dimiliki oleh TNI AU. Awal tahun lalu memang ramai sekali keluhan mengenai pemotongan anggaran militer. Pemotongan ini memberatkan TNI AU dan AL, dari awal tahun soal ini sudah diingatkan. Bohong besar jika dibilang pemotongan tidak berpengaruh kepada operasional pesawat. Di media disebutkan bahwa yang dipotong pembelian alutsista baru. Lho kapan AU beli alutsista baru dari anggaran militer? Pembelian baru berasal dari KE. Perbaikan pesawat herky di Singapura pun mekanismenya ternyata melalui KE bukan melalui anggaran militer. (KE tidak dimasukkan dalam anggaran militer).

Ketika ditanya soal kondisi alutsista beberapa pihak tidak mau menjawab dengan jujur. Hari kemarin panglima berbicara mengenai kerahasian negara. Pak, kita bisa dengan mudah mengetahui kondisi alutsista Indonesia dari website luar negeri, jadi apanya yang dirahasiakan? Dirahasiakan dari penduduk indonesia maksudnya? Kritik sukribo melaui komik diatas mestinya bisa menyindir orang-orang yang bertanggung jawab.


*kartun berasal dari kompas minggu 24 mei 2009
*pak jusuf kalla juga menulis tentang kecelakaan hercules tersebut di http://jusufkalla.kompasiana.com/2009/05/21/salah-satu-korban-tragedi-hercules-adalah-tetangga-saya/
di muntahkan oleh sawung@psik-itb.org

1 comment:

Sosialnet said...

Klo anggaran militer sedikit, ntr klo perang lawan malaysia, bisa terancam kalah. TNI dan Pemerinta h harus memperhatikan pertahanan biarpun anggaran kurang, Pertahanan RI harus kuat.
http://sosialnet.blogspot.com
http://statcivil.blogspot.compsingshw