Thursday, July 31, 2008

Sekolah Kami, Hidup Kami

Sekolah Kami, Hidup Kami / Our School, Our Lives (Steve Pillar Setiabudi | 2008|11:45]

Produser/Producer, Sutradara/Director, Penulis/Writer: Steve Pillar Setiabudi

Film ini adalah salah satu film diantara 10 film pendek di film 9808. Saya menonton film tersebut di selasar sunaryo art space bersama orang ini. Tadinya gw mau liat foto 3 en iit jaman dulu yang ada disalah satu film tersebut eh malah kepicut sama film sekolah kami, hidup kami.

Film ini ceritanya tentang anak osis SMU negeri 3 Solo yang membongkar kasus korupsi disekolahnya. Sebenarnya angkatan diatas mereka sudah tahu ada korupsi disekolah meraka tapi tidak berani membongkarnya. Angkatan siswa yang ada didalam film inilah yang berani membongkar kasus korupsi disekolahnya. Ketua osis bersama teman-temannya berani membongkar korupsi berawal dari kecurigaan atas laporan sekolah atas dana kesiswaan yang berlebihan. Mereka menunjukan laporan dengan dana yang sesungguhnya keluar. Mereka juga menunjukkan kopi paste dari laporan-laporan tahun sebelumnya.

Dalam melakukan usaha membongkar kasus mereka membentuk tim. Timnya terdiri dari tim pecari data, tim publikasi dan tim yang akan mempersiapkan demo. Anggota tim sangat selektif dipilihnya. Anggota tim tidak boleh anak guru, anak kepala sekolah, ikut les kepada guru , les kepada kepala sekolah dan pacaran dengan anak guru. Tim ini bekerja dengan baik. Pada waktunya mereka demo dan mengundang media. Perbuatan mereka menggemparkan Solo. Kepala sekolah disidang dihadapan seluruh siswa dan tidak bisa menjawab pertanyaan para siswa. Kocak melihat kepala sekolahnya gelagapan disidang seperti itu.
Di akhir film tokoh utama yang juga ketua osis bersumpah tidak akan menjadi PNS.

Mantap banget neh anak-anak SMU. Inilah hasil kecil dari tumbangnya rejim soeharto. Anak muda kritis berani menggugat dengan memanfaatkan kebebasan. Kalo dijaman eyang ga mungkin seperti itu. Tanpa banyak menggurui filmnya Stave Pillar banyak bercerita tentang 10 tahun reformasi. Perubuhan diakar rumput yang dilakukan oleh akar rumput sendiri, bukan orang lain.

ps: kalo ada yang punya CD filmnya bagi dung.

di muntahkan oleh sawung@psik-itb.orgdi muntahkan oleh sawung@psik-itb.org

5 comments:

ardianeko said...

Teringat masa lalu ketika angkatan kami di SMA 1 Solo meruntuhkan rezim kepala sekolah ane. Kira2 3tahun yang lalu. Emang SMA 3 juga ya?? Koq malah baru denger.

derma said...

mas sawung : saya dermawan bakri mas, salah satu yang ada di film itu. Teman2 saya masih punya film itu mas.
dermawanbakri@yahoo.co.id = Fb n email

fania said...

Ini Film 2008 ya? Ko bisa baru booming tahun ini?��
Dlu2 g d media yg brani lputkah?

Nanung Nur Zula said...

.

https://www.youtube.com/watch?v=yGw3rKjgV9I


.

Rina Ironadi said...

Trus akhirnya diusut sec hukum gak mas?