Thursday, March 08, 2007

Faust - Johan Wolfgang von Goethe



cetakan pertama, 1999
yayasan Kalam & Gothe Institut Jakarta.
269 hal +

Pada abad ke 16 konon pernah hidup seorang doktor di jerman yang bernama faust. Menurut cerita doktor ini melego jiwanya kepada iblis untuk memperoleh pengetahuan dan kekuasaan.Dengan segala kehebatannya faust menjelajah berbagai negeri. Sesudah kematiannya dia hidup sebagai legenda akan gairah akan pengetahuan dan kegelapannya dalam naungan iblis.Kisah faust beredar diam-diam dalam kalangan terpelajar di eropa. Beberapa buku tentang faust oleh bermacam pengarang telah terbit. karya gothe yang menjadikan legenda gothe hidup kembali melalui naskah dramanya. Semenjak karya gothe ini legenda faust hidup didunia sebagai simbol dari semangat barat yang mengagungkan ilmu diatas segalanya hingga ia tak sanggup mengendalikan bahaya maut yang timbul darinya.

Lakon faust sendiri berputar pada tokoh faust, memohistophelest (iblis) dan Margarete/Gretchen (kekasih faust). Cerita berawal dari ketidakpuasan Faust akan ilmu sehingga ia bersekutu dengan iblis. Ia menyerahkan jiwanya kepada iblis dengan imbalan pengetahuan dan kekuasaan. Iblis ingin memperoleh semuanya. Dimulai ketika faust jatuh cinta dengan gratchen, iblis membuat susah keluarga gratchen, pembunuhan dilakukan. Gratchen dipenjara dan membuat faust kesulitan, diakhiri dengan dihukumnya gratchen dan ketidakmampuan faust menyelamatkan gratchen.
di muntahkan oleh sawung@psik-itb.org

2 comments:

zenrs said...

Siapa yang pernah membaca DR Faust dengan cermat, dia mestinya akan cukup rendah hati untuk membanggakan ilmu, pengetahuan dan teknologi yang ia kuasai dan punyai.

Bersama novel Frankenstein, DR Faust adalah cenderamata dari kesusastraan untuk ilmu pengtahuan modern agar sedikit rendah hati.

sawung said...

Aku udah baca frankenstein, waktu smp. Tapi sayang bukunya dipinjem temen waktu sma en ga dipulang-pulangin sampe sekarang.
Baca duluan bukunya, filmnya baru nonton pas di itb versi yang hitam putih jadul.

Kalo frankenstein itu cerita gimana dengan ilmu mau melebihi tuhan dan ternyata si ilmuwan ga mampu melebihi tuhan. :D