Sunday, February 11, 2007

Root server diserang

Minggu lalu root server mengalami serangan serius. Root server yang mengalami serangan adalah root server yang ada di Amerika. Apa itu root server? Root server adalah mesin utama di internet yang mencatat semua alamat diinternet. Misalkan kita mencari alamat www.sawung.org oleh root server nama itu diterjemahkan ke sebuah ip adress yaitu sebuah alamat berupa angka seperti 203.34.23.34 . Kenapa kita ga langsung mengetik angka? Kalo setiap alamat ditulis dengan angka kita akan kesulitan dalam mengingatnya. Balik lagi mengenai root server yang diserang. Serangan kali ini tidak sampai membuat lalu lintas internet mati. Tidak seperti serangan tahun 2002 yang membuat internet dunia mampus. Serangan ini tidak melumpuhkan karena semenjak serangan tahun 2002 mesin root server ditambah dan disebar ke berbagai negara. Susunan yang tersebar ini meyelamatkan jaringan dunia. Para pengguna awam tidak merasakan sama sekali akibat dari serangan ini.
Pemerintah seharusnya belajar dari kesuksesan menangkal serangan terhadap root server. Kemampuan mendistribuskan kekuasaan sehingga jika ada serangan terhadap satu titik tidak sampai melumpuhkan pemerintahan/negara. Sekarang cobal lihat kali tiba-tiba jaringan ke singapore putus, mampuslah sebagian besar jaringan indonesia. Dalam kondisi bencana misalnya tiba-tiba jakarta lumpuh harusnya ada bagian lain di indonesia yang mampu menggantikan. Jangan hanya mengandalkan satu jalur. Pakai jalur yang lain. Kalau jalur pemerintah macet pake jalur lain :p
Bagaimana root server diserang? cara nyerangnya sederhana. Ping aja root server. Tapi sekali ping bukan paket yang kecil tapi paket gede. Terus yang nge-ping bukan dari satu koputer tapi ribuan bahkan jutaan komputer. Mampus-mampus deh tuh root server.


di muntahkan oleh sawung@psik-itb.org

1 comment:

Rendy Maulana said...

bangbus


bang busbang...

bush basbang