Friday, July 14, 2006

dua tangan

i can change the world
with my own two hand

with my own two hand
i can make peace on the world
with my own two hand
clean the earth
with my own two hand
reach to you

pearl jam (USA Tour)- my own two hand


Bermimpi untuk membuat dunia lebih baik dan berusaha mewujudkan mimpi itu adalah pekerjaan saya sekarang. Mimpi itu ada sejak lama sejak saya melihat sendiri dari kecil bahwa dunia ini tidal seindah yang kita bayangkan. Life is beutiful kalo menurut film memang ada tapi bahkan si orang tua menyembunyikan pahitnya dunia kepada anaknya. Orang tuanya menyembunyikan ketidakadilan dan kekejaman agar anaknya tumbuh dengan baik dan berusaha berbuat baik untuk masyarakat dunia.
Saya tidak melihat mimpi membuat dunia lebih baik pada diri kebanyakan mahasiswa sekarang. Kebanyakan mahasiswa sekarang bermimpi lulus cepat, IP tinggi, kerja di perusahaan multi nasional atau bank dan kemudian memperoleh gaji besar. Mungkin mereka punya mimpi untuk indonesia yang lebih baik tapi sepertinya mereka takut untuk keluar dari jalur utama. emang kita tidak bisa hidup tanpa uang/penghasilan tapi apakah kita mau diperbudak oleh uang? Tidak jangan sampe kita diperbudak oleh uang.
Ada seorang teman yang sekarang bekerja pada sebuah perusahaan tambang asing. Dulu dia aktif pada kegiatan komunitas membaca dan bermain untuk anak-anak. Saya kira empati dia cukup besar untuk masalah sosial. Tetapi saya bingung dia masih bertahan di perusahaan tambang tersbut. Padahal perusahaaan tambang tersebut berdarah-darah. Perusahaan tambang tersebut bahkan memiliki pasukan pembunuh sendiri. Pasukan pembunuh ini kerap juga melatih pasukan khusus pemerintah. Teman saya ini tau apa yang dilakukan oleh perusahaannya tapi mana dia peduli yang penting dia punya pekerjaan dan dapet gaji lumayan besar.
Kita memang hidup dimasa kini tapi kita jangan lupakan masa depan bangsa ini. Janganlah kita hanya mempedulikan diri dan keluarga saja. Kita tokh tidak ingin anak-anak kita hidup didunia yang kacau dimasa depan.
...... ah mimpi, mimpi tapi saya akan berusaha mewujudkan mimpi saya. Untuk dunia yang lebih baik.
di muntahkan oleh sawung@psik-itb.org

1 comment:

andiw! said...

gw pernah dibilangin kakak gw:

perbaiki diri lo sendiri
perbaiki sekitar lo (keluarga (?))
perbaiki dunia

gitu katanya urutannya.

tentang seorang teman yang bekerja di mnc dengan pasukan pembunuh...gw mikirny tak harus setiap orang tahu alasannya. nurut gw, yang dibutuhkan adalah kepercayaan. kalau orang lain juga punya mimpi masing-masing, kata paulo coelho di alkemis: legenda pribadi masing-masing.

selamat berjuang mewujudkan mimpi lo (legenda pribadi lo). dan orang-orang akan bertemu di padang perburuan praire.

_adw