Thursday, March 30, 2006

Caterina Va In Citta - Drama

Sudah lama ga nonton film-film gratisan euy. Terakhir nonton di tempatnya Ariani dan Budi kineruku. Tumben pusat kebudayaan itali memutar film di bandung dan tempanya di ITB. Sayang tempat pemutarannya di ITB kurang representatif. Ruangannya di 9311 labtek VI FT/Kl tempatnya datar dan layarnya kurang tinggi sehingga baris ketiga saja teks bahasa inggrisnya udah ga keliatan lebih layak tempatnya di LFM. Sudah begitu yang duduk didepan para raksasa. Kepaksa gue sama nophe pindah dari barisan tengan duduk dilantai tangah biar bisa baca teksnya soalnya ini film pake bahasa italia yang gue ga ngerti, kalo pake bahasa prancis sih ngerti dikit-dikit. Orang-orang yang dibelakang nonton sambil kepalanya bergerak-gerak mencari celah membaca teks atau pada berdiri.
Filmnya sendiri bercerita tentang caterina seorang remaja yang pindah dari kota kecil ke roma. Cerita tantang caterina menarik sekali. Bagaimana dia berteman dengan kelas atas masyarakat Roma dan perubahan persehabatan dengan teman-temannya. Bagaimana dia bersehabat dengan anak novelis terkenal dan begajulan (ditato dan mabok2). Dia berubah pertemanan dengan anak perdana mentri italia. Lalu berubah lagi pertemannya dengan yang lain. Bagaimana perubahan keluarganya. Lalu ada pula kisah percintaannya dengan wanita dan pria :). Seru film ini walupun gw kurang sreg sama penggambaran masyarakat kelas menengah atasnya. Dia akhir-akhir cerita dia baru sadar ada remaja tetangganya yang ternyata mengamat-ngamati dia dan keluarganya. Si tetangganya bilang dia seperti meliaht opera sabun.
Sudut pengambilan kamera film ini bagus sekali. Alur ceritanya bagus dan rapih. Lalu kelihatan juga kepiawaian kameramen mengatur pengambilan gambar dan kehalusan gerakan dari kamare. Gile gimana caranya ruangan banyak kaca dan orang bikin kameranya ga keliatan sama sekali. Terus semua lokasinya terlihat natural.

Abis nonton ke tugu sukarno dan ternyata disan liat mukti-mukti manggung. sudah lama ga lait di main musik tunggal. Lumayan refresing dan ternyata ada teman juga yang hapal lagu-lagu dia. Ngobrol politik bentar (kasihan teman yang gw ajak jadi dicuekin) . Nonton lagi satu band yang ternyata temen gue anak geologi. Sempet foto-foto pake HP dan camdig bareng dia.

di muntahkan oleh sawung@psik-itb.org

3 comments:

sang penjodoh said...

AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA
khekhekhekhekhekhekhekhekhekeh

terharu.. ;_________________;

macchiato said...

saya juga tau film katerina ke kota, tapi blm nonton.

slm kenal euy.

Anonymous said...

itu ceweknya ya?