Thursday, November 24, 2005

Aku tak ingin pasanganku dijamahi orang lain

Malem tadi menonton pertunjukanya teater sekte sastra UPI di CCF. Meeka mementaskan cerpennya motingge busye "Malam Jahanam". Komentar atas pertunjukan mereka " Datar!". Saking datarnya pertunjukan mereka sampai nona ari yang nonton disebelah gue meminjam bahu gue untuk tidur. Memang ekspresi dari para pemainnya datar banget, mereka seperti membaca naskah saja tanpa mendalami emosi dari peran yang mereka mainkan. Peran meraka tidak mengalir dan terlihat sekali ketika adegan berpegangan dan berpelukan para pemain seperti disinetron-sinetron kacangan saja. Beda jauh dengan pertunjukan seribu kunang-kunag di manhattan yang memperlihatkan kemampuan pemain yang jempolan. Sebenarnya naskah asli dari pertunjukan ini bagus tetapi yang menyalinnya kenaskah drama kurang bagus dalam membuat naskahnya (naon deui?). Pemilihan kata-kata sangat tidak bagus, kurang diolah kata-katanya.
Dari tata panggung sebenarnya cukup lumayan, ada yang mengganggu sebenarnya yaitu tiada batas pertunjukan ini agak menggangu (jadi ga tau batas nonton yang paling depan teh dimana). Tata cahayanya sebenarnya bagus tapi tata cahaya yang statis untuk pertunjukan yang banyak babak sangat buruk jadinya. Harusnya mereka punya light engineer yang mengatur pencahayaan selama pertunjukan. Ini juga terlihat pada tata suara. Sound enginer kurang bisa memainkan musik latar. Beberapa kali musik latar mengganggu dialog antar tokoh walaupun sebenarnya pemain harusnya bisa berimprovisasi dengan memainkan volume suara mereka (disini nampak sekali kekurangan olah vokal dari para pemain).
Banyak anak sma-smp yang menonton pertunjukan ini. Penonton banyak yang "kampungan" mereka bersuit-suit ketika pertunjukan berlangsung dan mengeluarkan komentar-komentar yang mengganggu. Gue berangkat nonton bareng hana dan oki (dia sibuk motret terus), dan disana ketemu beberapa teman lama. Dari pertunjukan satu ini yang bisa diinget buat kami untuk alasan tidak berpasangan "aku (soleman) tidak ingin pasanganku dijamahi oleh orang lain" (hehehe alasan buat lo nih han).
di muntahkan oleh sawung@psik-itb.org

No comments: