Friday, July 04, 2008

Mental Korupsi

Sebelum seorang dikenal amatilah dengan siapa dia bergaul.
ketika menjadi kaya perhatikan kepada siapa dia memberikan uangnya
ketika dia mendapat kedududukan tinggi lihatlah kepada siapa dia memberikan promosi
ketika dia dalam kesulitan perhatikan hal apa yang dia tolak untuk di kerjakan
ketika dia miskin lihatlah apa yang tidak ia terima
[li abad 5 SM]

Sebuah sore di stasiun Madiun. Gw sedang menunggu kereta api dari Surabaya. Seseorang duduk disebelah gw. Die ngajak ngobrol. Seorang pekerja Holcim yang lagi ngabur ke Madiun. Ceritanya die telat beli tiket jadi terpaksa naik kereta kelas ekonomi dan bayar. Die bilang die bisa gratis naik kereta. Cara die gratis lewat temennya yang baru jadi pegawai kereta api. Die bilang kalo mau gratis tinggal hubungi saja pegawai kereta api yang kamu kenal. Dalam hati gw ketawa. Masak gw mesti kontak *** buat naik kereta gratis, yang ada gw malah malu. Ga etis aja nelpon seorang pejabat buat naik kereta gratis. Lagipula *** pasti lah sibuk mengurusi departemennya ga usahlah disibukkan dengan urusan kecil dan ga penting. Yang gue ga kebayang seberapa banyak orang di republik ini memanfaatkan hal-hal kekeluargaan untuk menggunakan fasilitas publik secara cuma-cuma. Banyak banget kayaknya :D. Keluarga pegawai KAI bisa naik kereta api gratis lho.


di muntahkan oleh sawung@psik-itb.org

4 comments:

uknee said...

hahaha..masa lo mo telp org nomor 1 di dephub cuma buat minta tiket gratis..alamak..kalo cuma tiket krl ac gue punya abodemennya tuh..huahahaha..

o ya sepengetahuan gue ya..pegawai dephub tuh kalo naik KRL, AC pula gratis..ga pernah bayar n ga pernah diminta karcisnya..parah..bayangin aja..berapa ratus org tuh..

ikram said...

Masa' nelfon Manusia Jus cuma buat naik kereta gratis, hehehe.

sawung said...

hehehe
ya itu die orang itu banggain kalo punya kenalan/sodara bisa gratis. Gw seh mau bales tapi males juga, entar dibilang sombong atau malah ga percaya die.
kalo gw seh ikutin jalur aja lah, biar negara ini ga dirugikan terus menerus.

elyswelt said...

kayaknya banyak deh cerita seperti di atas, lagi2 rasa malu sdh nggak ada lagi, korupsi menjadi hal yang sangat dimaklumi bahkan sudah termasuk budaya karena terlalu terbiasanya