Friday, April 27, 2007

Veil - the secret war of CIA



Buku karya Bob Woodward wartawan senior new york times ini bercerita CIA jaman direkturnya dipegang oleh W Casey, salah satu direktur cia yang paling berpengaruh. Casey dulunya adalah angota OSS(dinas rahasia AS pada PD II). Casey jadi direktur dari tahun 1981 sampai 1987. Lama juga die jadi direktur dan die berhenti jadi direktur karena meninggal bukan mundur kayak tanet.
Jaman casey ini pereang dingin panas-panasnya dan hampir mencapai klimaks. Beberapa operasi di bwah casey antara lain: sandera iran, contra, angola, libya terus ada beberpa pengungkapan mole yang cukup mencengangkan. Kasus mole ini memecahkan rahasia kenapa sumber berharga amerika di industri pertahanan amerika bisa sampai tertangkap. Pengungkapan mole juga bisa menjelaskan kenapa perangkat tapping seharga jutaan dolar bisa sampe ketahuan posisinya dengan tepat sama soviet padahal posisiya ditengah laut.
Ada beberpa cerita lucu-miris juga dibuku ini. Ketiga ada seorang warga pihak barat diculik sama gerilyawan hizbullah negara barat tsb membayar tebusan sejumlah uang. Ketika ada agen soviet yang diculik KGB langsung mengirimi penculik dengan mayat keluarga pemimpin hizbullah dengan mulut yang disumbat kemaluannya. Langsung agen KGB tsb dilepas. Mossad mengambil kesimpulan ini adalah beda dua karakter dari masing-masing kubu :D



di muntahkan oleh sawung@psik-itb.org

No comments: